Senin, 28 September 2009

pasar bandeng


setiap malam 29 di bulan ramadhan, di gresik ada tradisi pasar bandeng. sebuah pasar rakyat, yang pada intinya adalah pesta dari petambak bandeng d gresik. tentu, bandeng yang d jual bukan sembarang bandeng. bandeng yang dijual berukuran super jumbo...yang nantinya bakal menjadi makanan khas gresik di hari lebaran idul fitri.
sekarang, pasar bandeng tak hanya didominasi hanya para penjual bandeng saja, tapi sekarang para pedagang pakaian, alat rumah tangga, mainan anak2 dan sebagainya juga ikut ambil bagian pada perayaan pasar bandeng tersebut. jadilah pasar bandeng sekarang seperti halnya sebuah pasar rakyat atau pasar murah.
setiap pasar bandeng selalu ada yang namanya lelang bandeng. yang di lelang di sini adalah bandeng dengan ukuran super jumbo...yang beratnya diatas 5kg..hampir menyamai dengan tubuh bayi seusia 2-3 th.
pada umumnya, petani tambak memang mempersiapkan bandeng khusus untuk dijualnya d pasar bandeng, jadi bukan asal bandeng aja..
selanjutnya, bandeng segede itu hanya dimasak dengan air garam aja. tanpa bumbu apapun. bagi yang blm pernah merasakan mungkin memang terasa aneh..tapi ya itulah...makanan khas gresik di hari lebaran :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

29 Oktober 2009
Bismillahirahmanirrohiim

PASAR GRESIK MENERIMA TITIPAN BARANG UNTUK DIJUAL ATAUPUN MENCARIKAN BARANG-BARANG YANG DIBUTUHKAN OLEH PENGUNJUNG

SILAHKAN BERKOMENTAR ATAU MENGISI SHOUTMIX YANG ADA

Terima kasih
Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by pasar gresik | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks